Mengenal Apa itu Android Studio : Fungsi, Manfaat, dan Cara Installasinya

Mengenal Apa itu Android Studio : Fungsi, Manfaat, dan Cara Installasinya

Saat ini smartphone tidak pernah melarikan diri kehidupan kita sehari - hari. Ada dua jenis smartphone yang sering digunakan, tipe pertama android dan kedua jenis iphone. Android dikembangkan oleh Google dan berbasis Linux.


Android memiliki Sistem Operasi (OS) yang open-source. Anda dapat meng-upload dan download source code untuk Android dan menggunakannya untuk perangkat keras Anda sendiri. perusahaan bahkan smartphone seperti Samsung, LG, Xiaomi dan Huawei menggunakan basis kode Android serta menambahkan fitur dan perangkat lunak mereka sendiri untuk produksi smartphone mereka.

Bahkan, Android merupakan sistem operasi yang rata-rata - rata-rata yang paling banyak digunakan di dunia. Hal ini karena android dapat membuat para pengembang memiliki kesempatan untuk mengembangkan aplikasi open source mereka khususnya sistem operasi ini.
Baca juga:  Gratis Download Kumpulan Project Android Studio

sejarah Android

Pertama kali muncul Android Inc adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Perusahaan ini dibangun oleh beberapa perusahaan yang berbasis beberpa Senior IT & Komunikasi, Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White.

Rubin menyatakan bahwa, Android Inc didirikan untuk menciptakan sebuah perangkat mobile yang lebih fleksibel untuk lokasi dan preferensi pemilik. Dengan demikian, Android Inc. ingin mewujudkan lebih memahami perangkat mobile selain pemiliknya karena sifatnya OS open-source.

Mulai dari konsepan ini Android Inc. ternyata menarik Google untuk memilikinya. Kemudian, pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. dan semua saham dibeli oleh Google.

Perusahaan yang dimiliki oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap bahwa Google membeli Android Inc., sehingga mereka akhirnya menjadi bagian dari sejarah Google raksasa dan Android. Di sini mereka mulai menggunakan platform Linux untuk membuat sistem operasi untuk ponsel.

Dari ini sistem akhir dan pengembang perangkat lunak yang mengembangkan dan merancang sistem Android menggunakan software - software yang mendukung Android, contohnya adalah: Android Studio.

Alasan Mengapa Android Learning Studio Merupakan Hal Penting

Bagi Anda yang suka bidang teknologi tentu saja ingin membuat aplikasi yang akan berguna dan menghasilkan uang dari aplikasi Anda.

Sebelum membuat aplikasi yang menggunakan studio android. Anda harus tahu bagaimana menggunakannya pertama, terutama pada lembar kerja yang nanti akan digunakan untuk mengembangkan, merancang dan melakukan pengujian pada aplikasi.

Di sini kita meninjau beberapa alasan mengapa penting untuk memahami Android Studio untuk melakukan:
  • Dengan mempelajari Android Studio dapat membantu Anda untuk mempercepat pembuatan aplikasi yang Anda inginkan.
  • Android Studio adalah alat yang mudah dimengerti dan digunakan.
  • Dalam salah satu alat ini Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat mulai dari membuat aplikasi untuk pengujian aplikasi.
  • Bahkan, untuk belajar Android Studio Anda dapat menghemat waktu kerja menjadi lebih produktif.
  • Codingan dapat memperdalam baik pengetahuan mereka. Karena penelitian Android diberikan beberapa referensi ketika Anda mengetik sintaks. Dengan begitu tentu saja Anda akan mencari tahu apa adalah penggunaan sintaks yang terkandung.
  • Alat belajar coding dan membuat aplikasi yang baik dan praktis hanya dengan Android Studio.
Itu adalah cara yang paling komprehensif untuk belajar Android Studio Anda dapat belajar. Mengetahui apa fungsi Android Studio dan bagaimana menggunakannya kemudian memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi berbasis Android.

Apa Android Studio?

Pertama Android Studio diumumkan pada Google I / O Conference pada 2013 dan dirilis ke publik pada tahun 2014. Sebelum kelahiran Android Studio Android dikembangkan aplikasi pada Eclipse IDE dengann yaitu Jawa IDE. Setelah open source android studio yang dapat membuat lebih mudah bagi mereka yang ingin membuat aplikasi dengan Android Studio.

Android dapat menyediakan sebuah antarmuka bagi Anda untuk membuat aplikasi dan mengelola aplikasi Anda filen. Programman untuk bahasa yang Anda gunakan adalah Java. Di Android Studio, Anda hanya perlu menulis, mengedit, menyimpan dan pengujian bersama dengan proyek dan file lainnya yang ada dalam proyek hanya dengan studio android.

Tidak hanya itu, manfaat menggunakan Android Studio juga memberikan Anda akses ke Android Software Development Kit (SDK). SDK merupakan perpanjangan dari kode Java yang memungkinkan untuk berjalan lancar pada perangkat Android. Untuk itu, diperlukan untuk menulis sebuah program Java, SDK Android diperlukan untuk menjalankan program pada Android. Dengan demikian, dengan menggabungkan dua, Anda perlu Android Studio. Jadi, ketika Anda menemukan bug dalam aplikasi Anda, Anda dapat menemukan bug dengan menggunakan Android Studio untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa fitur dari Android Studio:
  • Lingkungan yang membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi untuk Android
  • Mendukung dalam mengembangkan Android TV dan Android Wear
  • Template untuk menentukan desain dan komponen Android
  • layout editor antarmuka dengan drag-and-drop
  • Refactoring dan perbaikan cepat Android
  • Gradle membangun dukungan berdasarkan
  • integrasi ProGuard
  • emulator cepat dan berbagai fitur di
  • Dapat diintegrasikan dengan Google Cloud Messaging dan App Engine
  • Mendukung dasar C ++ Program dan NDK

Cara Download dan Instal Android Studio?

Cara men-download studio Android cukup mudah untuk men-download Android Studio yang merupakan resmi halaman situs Android SDK dan ada berbagai jenis di dalamnya. Tetapi untuk menjalankan Android Studio Anda juga perlu men-download Java Development Kit yang dapat anda download di situs resminya.
 Baca juga: VPN Premium untuk Nuyul Admob Gratis

Berikut ini adalah persyaratan instalasi untuk sistem operasi yang berbeda:

Windows OS

  • Microsoft Windows 08/07/10
  • 2GB RAM minimum, disarankan Anda menggunakan RAM 8GB
  • Minimum 2GB ruang disk yang tersedia, namun disarankan untuk memberikan 4GB (500MB untuk IDE, 1,5 GB untuk Android SDK dan sistem emulator gambar)
  • Resolusi minimal 1280 × 800
  • Java Development Kit 8

MAC OS

  • MAC OS X 10.8.5 atau lebih - sampai 10.11.4 (El Capitan)
  • 2GB RAM minimum, disarankan Anda menggunakan RAM 8GB
  • Minimum 2GB ruang disk yang tersedia, namun disarankan untuk memberikan 4GB (500MB untuk IDE, 1,5 GB untuk Android SDK dan sistem emulator gambar)
  • Resolusi minimal 1280 × 800
  • Java Development Kit 6

LINUX OS

  • GNOME atau KDE Desktop
  • distribusi 64-bit yang dapat menjalankan aplikasi 32-bit
  • C Library GNU (glibc) 02:11 atau versi yang lebih baru
  • RAM minimum 2GB
  • Minimum 2GB ruang disk yang tersedia, namun disarankan untuk memberikan 4GB
  • Resolusi minimal 1280 × 800
  • Java Development Kit 8

Cara Instal Android Studio?

Pertama sebelum Anda menginstal Android Studio, Anda harus menginstal nya Java Development Kit. Caranya adalah dengan tetap terbuka Java Development Kit installer sebelumnya sudah ada download, dan kemudian ikuti langkah-langkah yang mereka menunjukkan.

Setelah itu, Anda dapat menginstal Android Studio dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka Android Studio installer Download yang sudah ada. Kemudian klik Next.
  2. Setelah itu, muncul jendela baru yang memberikan beberapa pilihan komponen apa yang Anda ingin menginstal bersama dengan versi android nya. Kemudian klik Next.
  3. Berikutnya Anda akan melihat Perjanjian Lisensi, pilih Saya Setuju
  4. Setelah itu, Anda akan melihat pilihan lokasi penyimpanan file. Anda tidak perlu mengubah direktori bahwa mereka telah memilih. Anda bisa klik pada default dan file Anda akan disimpan ke direktori yang sudah mereka berikan. Klik Next dan pada layar berikutnya klik Install.
  5. Setelah instalasi selesai klik Next. Jika Anda, Anda akan melihat jendela "Melengkapi Android Studio Setup". Anda tidak perlu mengubah pemilihan Android Mulai Studio dan klik Finish.
  6. Setelah itu, Anda akan melihat jendela baru dengan dua pilihan. Checklist opsi kedua jika Anda belum pernah menginstal Android Studio IDE sebelumnya dan pilih OK.
  7. Setelah itu Anda akan melihat layar WELCOME Android Studio dan klik Next.
  8. Pilih Standard dan klik Next
  9. Anda kemudian akan melihat jendela Setup SDK Component. Pilih komponen yang ingin Anda instal dan klik Next. Pada layar berikutnya klik Finish.
  10. Anda kemudian akan melihat layar Downloading Komponen.
  11. Setelah download selesai, proses instalasi Android Studio telah selesai. Anda bisa klik Finish. Kemudian Anda akan melihat jendela Selamat Datang di Android Studio.

Kesimpulan dan rekomendasi

Dalam pengembangan Android Studio telah mengalami banyak perubahan setelah diakuisisi oleh Google. Dengan menggunakan studio android Anda dapat dengan mudah membuat, mengedit dan bahkan menguji aplikasi hanya dengan satu alat android studio sendiri.

Android Studio memiliki sistem operasi open source atau bebas, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mengembangkan aplikasi dengan studio android. Dengan android yang dapat mendukung beberapa versi mulai dari Oreo, Jelly Bean, Kitkat memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi

Bahkan, Anda dapat membuat aplikasi dengan drag dan drop pada halaman Anda bekerja untuk android memiliki emulator yang fleksibel. Dengan semua keunggulan ini, android studio untuk memfasilitasi pengembang aplikasi atau programmer untuk membuat aplikasi dengan cepat.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Apa itu Android Studio : Fungsi, Manfaat, dan Cara Installasinya"